Tatanama Senyawa Ester atau Alkil Alkanoat

         Blog KoKim - Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengkonsumsi berbagai macam minuman rasa buah yang mungkin kebanyakan tidak benar-benar berasal dari buah asli tetapi hanya dicampuri essens (aroma buah). Essens terbuat dari senyawa ester yang aromanya bermacam-macam tergantung ester penyusunnya. Pada artikel ini kita akan membahas senyawa ester atau alkil alkanoat yaitu tentang Tatanama Senyawa Ester atau Alkil Alkanoat. Beberapa ester dan aroma karakteristiknya sebagaimana tercantum pada tabel di bawah ini:

       Ester atau alkil alkanoat merupakan senyawa yang diturunkan dari asam karboksilat dengan mengganti hidrogen pada gugus hidroksilnya dengan gugus hidrokarbon. Oleh karena itu, secara umum struktur dari ester dapat dituliskan seperti berikut:

Perhatikan beberapa rumus struktur senyawa ester pada tabel berikut:

Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa senyawa ester terdiri dari senyawa C,H,dan O dengan perbandingan C : H : O adalah 1 : 2 : 2, sehingga rumus umum senyawa ester adalah: $C_nH_{2n}O_2$ .

Tatanama Senyawa Ester
       Ester mempunyai nama IUPAC alkil alkanoat. Penamaan ester menurut IUPAC dilakukan dengan menyebutkan terlebih dahulu alkil yang melekat pada gugus karbonil kemudian nama karboksilatnya. Nama asam diganti dengan nama alkil dari R' karena atom H dari gugus -OH diganti dengan gugus alkil. Adapun tata nama trivial ester disesuaikan dengan tata nama trivial karboksilat.
Contoh:

       Demikian pembahasan materi Tatanama Senyawa Ester atau Alkil Alkanoat dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan senyawa Ester yaitu sifat-sifat senyawa ester.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.