Perhitungan Kimia

         Blog KoKim - Terdapat berbagai cara untuk menentukan ukuran suatu benda. Menghitung jumlah, volume, bahkan massa suatu benda merupakan pekerjaan yang biasa kita lakukan sehari-hari. Beras biasa dihitung dari massanya, misalnya 1 kg. Hampir tidak pernah kita menghitung beras dalam jumlah satuan, misalnya 50 butir beras. Karena hal tersebut merupakan pekerjaan yang sulit dan tidak praktis. Begitu pula dengan air kita tidak dapat mengetahui berapa jumlah molekul di dalam air dengan menghitungnya menggunakan sendok atau telapak tangan. Pada artikel ini kita akan membahas khusus materi Perhitungan Kimia.

         Air merupakan salah satu senyawa paling sederhana dan paling sering dijumpai serta paling penting. Bangsa Yunani Kuno menganggap air sebagai salah satu dari empat unsur penyusun segala sesuatu (selain tanah, udara, dan api). Bagian terkecil dari air yaitu molekul air. Molekul yaitu partikel yang sangat kecil, sehingga jumlah molekul dalam segelas air melebihi jumlah halaman buku yang ada di bumi. Bagaimana Anda dapat mengetahui jumlah molekul dalam segelas air?

         Demikian pula halnya dengan atom. Hingga saat ini tidak pernah ada yang melihat atom bahkan dengan mikroskop elektron sekalipun. Atom terlalu kecil untuk dilihat apalagi untuk dihitung jumlah partikel materi. Yang dapat dilakukan adalah dengan menghitung massa atau volumenya atau perhitungan kimia. Perhitungan kimia sangat diperlukan dalam melakukan berbagai reaksi untuk percobaan-percobaan di laboratorium, penelitian-penelitian kimia, juga dalam pembuatan produk kimia secara industri seperti pupuk, detergen, plastik, dan obat-obatan. Dimana Perhitungan kimia selalu menerapkan hukum-hukum dasar ilmu kimia.

         Dalam artikel perhitungan kimia ini, kita akan mempelajari berbagai perhitungan kimia untuk menentukan banyaknya suatu zat berdasarkan persamaan reaksi kimia. Oleh karena itu, setelah mempelajari bab ini Anda akan mengetahui cara menghitung jumlah molekul air dalam segelas air. Perhitungan kimia tersebut meliputi:
1. Penerapan hukum Gay Lussac
2. Penerapan hukum Avogadro
3. Konsep mol
4. Hubungan mol dengan jumlah partikel
5. Hubungan mol dengan massa molar
6. Hubungan mol dengan volume

       Untuk mempelajari materi Perhitungan Kimia secara lengkap, silahkan saja langsung ikuti link masing-masing di atas. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.