Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah

         Blog KoKim - Pada artikel ini kita akan lanjut membahas materi Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah. Sebelumnya juga telah kita pelajari materi "Penggolongan Larutan Berdasarkan Daya Hantar Listrik". Berdasarkan kuat-lemahnya daya hantar listrik, larutan elektrolit dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

a. Larutan elektrolit kuat, yaitu larutan elektrolit yang mengalami ionisasi sempurna. Indikator pengamatan: lampu menyala terang dan timbul gelembung gas pada elektrode.
Contoh: larutan H$_2$SO$_4$, larutan NaOH, dan larutan NaCl.

b. Larutan elektrolit lemah, yaitu larutan elektrolit yang mengalami sedikit Ionisasi (terion tidak sempurna). Indikator pengamatan: lampu tidak menyala atau menyala redup dan timbul gelembung gas pada elektrode.
Contoh: larutan CH$_3$COOH dan larutan NH$_4$OH.

Besaran yang menandai kekuatan elektrolit disebut derajat ionisasi($\alpha$). Besarnya derajat ionisasi dapat dinyatakan melelui persamaan berikut:
$ \alpha = \frac{\text{mol zat yang terionisasi}}{\text{mol zat yang dilarutkan}} $

Secara umum, perbedaan antara larutan elektrolit kuat dan elektrolit lemah dapat disimpulkan sebagai berikut:

       Demikian pembahasan materi Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan REAKSI IONISASI LARUTAN ELEKTROLIT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar