Hukum Perbandingan Tetap atau Hukum Proust

         Blog KoKim - Joseph Louis Proust (1754 - 1826) adalah ilmuwan yang pertama menemukan fakta tentang perbandingan massa dari unsur-unsur dalam senyawa dengan melakukan percobaan-percobaan yang kemudian dikenal sebagai Hukum Perbandingan Tetap.

         Tahun 1799 Joseph Proust melakukan percobaan dengan mereaksikan hidrogen dan oksigen. Ternyata hidrogen dan oksigen selalu bereaksi membentuk air dengan perbandingan massa yang tetap yaitu 1 : 8.

Berikut tabel hasil percobaan proust:

         Dari tabel di atas terlihat bahwa setiap 1 gram gas hidrogen yang bereaksi dengan 8 gram oksigen menghasilkan 9 gram air. Data ini membuktikan bahwa massa hidrogen dan oksigen dalam air memiliki perbandingan tetap yaitu 1 : 8, walaupun massa air yang terbentuk berbeda. Berdasarkan percobaan yang dilakukannya, Proust mengemukakan teorinya yang terkenal dengan Hukum Perbandingan Tetap atau Hukum Proust.

Dengan memakai pemahaman hukum perbandingan tetap, definisi senyawa dapat diperluas sebagai berikut:
"senyawa adalah zat yang terbentuk oleh dua atau lebih unsur yang berbeda jenis dengan perbandingan massa unsur-unsur penyusunnya adalah tetap".

Contoh :
1). Perbandingan unsur nitrogen dan unsur hidrogen pada pembentukan amonia sebesar 14 : 3. Jika 28 gram gas nitrogen dan 9 gram gas hidrogen direaksikan, maka tentukan:
a. massa amonia yang terbentuk;
b. zat yang tersisa dan banyaknya!

Penyelesaian :
*). Perbandingan massa nitrogen, (28 : 14 = 2) adalah 2 kali angka perbandingan, sedangkan hidrogen (9 : 3 = 3) adalah 3 kali angka perbandingan. Jadi, nitrogen habis bereaksi dan hidrogen bersisa.
$\begin{align} \text{a). massa amonia yang dihasilkan } & = \text{ massa nitrogen + massa hidrogen} \\ & = (2 \times 14) + (2 \times 3) \\ & = 28 + 6 \\ & = 34 \text{ gram } \end{align} $
Catt: 2 adalah angka paling kecil dari angka perbandingan.

b). massa hidrogen yang bereaksi $ = \frac{3}{14} \times 28 = 6 \, $ gram
atau
massa hidrogen yang bereaksi =$ 2 \times 3 = 6 \, $ gram
massa hidrogen sisa = 9 - 6 = 3 gram

2). Diketahui perbandingan massa kalsium dan oksigen dalam membentuk senyawa kalsium oksida adalah 5 : 2. Bila direaksikan 10 gram kalsium dan 12 gram oksigen, tentukan massa kalsium oksida (CaO) yang terbentuk dan sisa pereaksi!

Penyelesaian :

       Demikian pembahasan materi Hukum Perbandingan Tetap atau Hukum Proust dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan hukum dasar kimia yaitu hukum perbandingan berganda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar