Partikel Dasar Penyusun Atom dan Lambang Atom

         Blog KoKim - Partikel dasar penyusun atom ada tiga yaitu proton ( p), neutron (n) dan elektron (e). Jadi, Massa atom = (massa p + massa n) + massa e. Massa elektron jauh lebih kecil dari pada massa proton dan massa neutron, maka massa elektron dapat diabaikan. Dengan demikian: Massa atom = massa p + massa n.

Lambang Atom
Suatu unsur dapat dilambangkan dengan:
Keterangan:
X = lambang atom
A = nomor massa
Z = nomor atom
       Nomor atom menunjukkan jumlah muatan positif dalam inti atom (jumlah proton). Menurut Henry Moseley (1887 - 1915) jumlah muatan positif setiap unsur bersifat karakteristik, jadi unsur yang berbeda akan mempunyai nomor atom yang berbeda. Untuk jumlah muatan positif (nomor atom) diberi lambang Z. Jika atom bersifat netral, maka jumlah muatan positif (proton) dalam atom harus sama dengan jumlah muatan negatif (elektron). Jadi, nomor atom = jumlah proton = jumlah elektron. Massa atom dinyatakan sebagai nomor massa dan diberi lambang A.
Jadi, nomor massa = jumlah proton + jumlah netron.

       Demikian pembahasan materi Partikel Dasar Penyusun Atom dan Lambang Atom secara ringkas. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan struktur atom yaitu materi "pengertian isotop, isobar, dan isoton pada kimia" dan untuk lebih memantapkan materi yang ada, sebaiknya kita baca juga contoh-contoh soal struktur atom 1 melalui link : "Contoh Soal Struktur Atom 1 dan Pembahasannya".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.