Hidrolisis Garam dari Asam Lemah dan Basa Lemah

         Blog KoKim - Pada artikel ini kita akan membahas materi Hidrolisis Garam dari Asam Lemah dan Basa Lemah. Garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah dalam air mengalami hidrolisis total. Karena kedua komponen garam (anion asam lemah dan kation basa lemah) terhidrolisis menghasilkan ion H$^+$ dan ion OH$^-$ sehingga harga pH larutan ini tergantung harga Ka dan Kb.

Salah satu contoh garam yang terbentuk dari asam lemah dan basa lemah adalah NH$_4$CH$_3$COO. Di dalam air, NH$_4$CH$_3$COO akan terurai sempurna menjadi ion-ionnya. Persamaan reaksi yang terjadi adalah

NH$_4^+$ merupakan asam konjugasi kuat dari NH$_4$OH yang akan bereaksi dengan air. Demikian pula CH$_3$COO$^-$ merupakan basa konjugasi kuat dari COOH, dan juga akan bereaksi dengan air. Reaksi yang terjadi dapat dituliskan sebagai berikut.
$ NH_4^+(aq) + H_2O(l) \rightleftharpoons NH_3(aq) + H_3O^+(aq) $
$ CH_3COO^-(aq) + H_2O(l) \rightleftharpoons CH_3COOH(aq) + OH^-(aq) $

         Pada hasil reaksi terdapat ion H$_3$O$^+$ dan OH$^-$. Jadi, garam ini bisa bersifat asam, basa, atau netral tergantung dari kekuatan relatif asam dan basa. Kekuatan asam dan basa bersangkutan ditunjukkan oleh harga Ka (tetapan ionisasi asam lemah) dan Kb (tetapan ionisasi basa lemah). pH larutan pada hidrolisis asam lemah dan basa lemah, secara kuantitatif sukar dikaitkan dengan harga Ka dan Kb maupun dengan konsentrasi garam. pH larutan yang tepat hanya dapat ditentukan melalui pengukuran. pH larutan dapat diperkirakan dengan rumus:
$ \begin{align} [H^+] = \sqrt{\frac{K_w \times K_a}{K_b}} \end{align} $

Untuk penurunan rumus ini, silahkan teman-teman baca pada artikel "penurunan rumus pH pada hidrolisis garam".

Berdasarkan rumus di atas maka harga pH larutan garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah tidak tergantung pada konsentrasi ion-ion garam dalam larutan, tetapi tergantung pada harga Ka dan Kb dari asam dan basa pembentuknya.
*). Jika harga Ka > Kb, berarti [H$^+$] > [OH$^-$] sehingga garam bersifat asam.
*). Jika harga Ka < Kb, berarti [H$^+$] < [OH$^-$] sehingga garam bersifat basa.
*). Jika harga Ka = Kb berarti [H$^+$] = [OH$^-$] sehingga garam bersifat netral.

Contoh:
Hitunglah pH larutan CH$_3$COONH$_4$ 0,1 M, jika diketahui Ka = 10$^{-10}$ dan Kb NH$_3$ = 10$^{-5}$!
Jawab:
$ \begin{align} [H^+] & = \sqrt{\frac{K_w \times K_a}{K_b}} \\ & = \sqrt{\frac{10^{-14} \times 10^{-10} }{10^{-5} }} \\ & = \sqrt{10^{-19} } \\ & = 10^{-9,5} \\ pH & = - \log \, [H^+] \\ & = - \log \, 10^{-9,5} \\ & = 9,5 \end{align} $
Jadi, pH larutan tersebut adalah 9,5.

       Demikian pembahasan materi Hidrolisis Garam dari Asam Lemah dan Basa Lemah dan contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan penurunan rumus pH pada hidrolisis garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.